Langsung ke konten utama

Bahaya Sering Konsumsi Gorengan Pada Tubuh




Bahaya yang timbul akibat sering mengkonsumsi gorengan pada tubuh seseorang mengakitbatkan berbagai macam penyakit, seperti kolesterol, obesitas, diabetes, sampai penyakit jantung. Gorengan adalah makanan yang sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia. Gorengan dapat dengan mudah di temui seperti yang berada di tepi jalan hingga gorengan yang ditemui di restoran. Gorengan sendiri adalah sebutan untuk cemilan yang prosesnya dengan cara digoreng dan termasuk pada jenis cemilan yang banyak diminati. Gorengan terdiri dari pisang goreng, bakwan,tahu, mendoan, singkong goreng dll. Tidak saja di Indonesia, di jepang gorengan seperti tempura sangat banyak diminati begitu juga dengan di negara barat seperti Inggris, Amerika Serikat dan Belgia yang lebih dikenal french fries.



Gorengan merupakan salah satu makanan yang dapat memicu berbagai macam penyakit terkait dengan kandungan lemak yang berlebih yang dihasilkan dari proses memasaknya. Minyak yang digunakan berulang kali dalam metode memasaknya atau dikenal dengan minyak jelantah adalah minyak limbah yang tidak sehat. Minyak jelantah mengandung senyawa kimia yang bersifat karsiogenik atau penyebab kanker dan dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan yang buruk akan memicu terjadinya penumpukan bakteri pada tubuh sehingga menimbulkan bau badan.


Selain itu bumbu gorengan yang menggunakan rempah-rempah dengan bau yang sangat kuat seperti bawang putih, dll. Hal ini terkait dengan kandungan rempah rempah yang memiliki aroma menyengat dan sulit untuk dicerna sehingga menghasilkan gas yang diserap oleh darah.


Meskipun demikian beberapa orang memiliki kelainan genetik yang disebut trimethylaminuria di mana tubuh tidak dapat memecah asam amino yang trimetilamina. Ini menyebabkan bau badan sewaktu trimetilamina menumpuk dalam tubuh. Meskipun kondisi ini jarang terjadi, jika Anda memiliki jenis bau badan, Anda dapat mencoba menghindari makanan yang mengandung asam amino dan prekursor. Adapun beberapa makanan lainnya  yang dapat memicu bau badan adalah sebagai berikut telur, hati, ginjal , seafood, minyak ikan , susu dari sapi yang makan gandum, kacang polong, buncis, kedelai dan produk kedelai, kacang, dan sayuran dari keluarga kubis.


Salah satu bahaya yang timbul akibat sering mengkonsumsi gorengan pada tubuh seseorang adalah bau badan. makanan yang sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia. Gorengan dapat dengan mudah di dapatkan dimulai gorengan yang berada di tepi jalan hingga gorengan yang ditemui di resto tertentu. Gorengan sendiri adalah sebutan untuk cemilan yang prosesnya dengan cara digoreng dan termasuk pada jenis cemilan yang banyak diminati. Gorengan terdiri dari pisang goreng, bakwan,tahu, mendoan, singkong goreng dll.Tidak saja di Indonesia, di jepang gorengan seperti tempura sangat banyak diminati begitu juga dengan di negara barat seperti Inggris, Amerika Serikat dan Belgia yang lebih dikenal french fries.



Benarkah gorengan dapat menyebabkan bau badan? Gorengan merupakan salah satu makanan yang dapat memicu bau badan terkait dengan kandungan lemak yang berlebih yang dihasilkan dari proses memasaknya. Minyak yang digunakan berulang kali dalam metode memasaknya atau dikenal dengan minyak jelantah adalah minyak limbah yang tidak sehat. Minyak jelantah mengandung senyawa kimia yang bersifat karsiogenik atau penyebab kanker dan dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan yang buruk akan memicu terjadinya penumpukan bakteri pada tubuh.


Selain itu bumbu gorengan yang menggunakan rempah-rempah dengan bau yang sangat kuat seperti bawang, bumbu kari dll. Hal ini terkait dengan kandungan rempah rempah yang memiliki aroma menyengat dan sulit untuk dicerna sehingga menghasilkan gas yang diserap oleh darah dan menimbulkan bau mulut dan bau badan. Campuran daging yang terdapat di dalam gorengan akan memicu bau badan. Hal ini dikarenakan makan daging membutuhkan waktu lama dalam proses pencernaannya. Terhambatnya proses pencernaan akan mengakibatkan bau napas, bau badan juga menghambat proses buang air besar.



Meskipun demikian beberapa orang memiliki kelainan genetik yang disebut trimethylaminuria di mana tubuh tidak dapat memecah asam amino yang trimetilamina. Ini menyebabkan bau badan sewaktu trimetilamina menumpuk dalam tubuh. Meskipun kondisi ini jarang terjadi, jika Anda memiliki jenis bau badan, Anda dapat mencoba menghindari makanan yang mengandung asam amino dan prekursor. Adapun beberapa makanan lainnya  yang dapat memicu bau badan adalah sebagai berikut telur, hati, ginjal , seafood, minyak ikan , susu dari sapi yang makan gandum, kacang polong, buncis, kedelai dan produk kedelai, kacang, dan sayuran dari keluarga kubis.




Tips tetap sehat untuk yang suka gorengan


1. Batasi Porsinya

Jika kamu berlebihan makan gorengan dan sekali makan bisa dalam jumlah banyak, kamu berisiko terkena berbagai macam penyakit, seperti kolesterol, obesitas, diabetes, sampai penyakit jantung. Jadi, hindari terlalu sering dan kurangi jumlah gorengan yang kamu makan.


2. Jangan Sembarangan membeli gorengan

Jangan Sembarangan membeli gorengan dan perhatikan juga pedagang gorengan , agar gorengan yang kamu makan aman dikonsumsi. Waspada dengan pedagang gorengan yang menggunakan minyak yang sangat hitam untuk menggoreng.


3. Bikin Gorengan Sendiri

Bikin Gorengan Sendiri dengan begitu, kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang segar dan minyak goreng berkualitas untuk membuat gorengan yang sehat dikonsumsi dan enggak kalah enak dari yang dijual pedagang gorengan.


4. Menggunakan minyak yang sehat

Dengan menggunakan minyak yang sehat, kamu juga disarankan untuk menggunakan minyak goreng baru atau maksimal bekas dua kali pemakaian. Hal ini karena proses penggorengan membuat minyak membentuk zat karsinogen yang merupakan salah satu pemicu kanker


5. Menggoreng dengan Benar

Sebelum menggoreng, Cek suhu minyak dengan cara meneteskan sedikit adonan ke dalam minyak. Jika minyak mengeluarkan suara mendesis, itu tandanya minyak sudah cukup panas dan siap digunakan.


6. Tiriskan Gorengan dengan Tisu

Setelah gorengan matang, jangan langsung dimakan, tapi tiriskan dulu dan menggunakan tisu untuk menyerap minyak berlebih pada gorengan. Dengan cara ini, minyak yang ada di gorengan lebih sedikit.


7. Tambahkan Sayur-sayuran

Jangan hanya mengkonsumsi gorengan saja tapi tambahkan juga sayur-sayuran ke dalam makanan mu agar lebih sehat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Cegah penularan pandemi corona

Baru-baru ini dunia dihebohkan oleh pandemi corona atau disebut juga covid-19. Sudah lebih dari 1,8 Juta jiwa yang terkena virus ini, dan korban jiwa yang di akibatkan virus ini sudah mencapai 114 Juta orang, hingga saat ini 13 April 2020.

Mengapa penyebaran virus ini sangat cepat sampai keseluruh dunia? karena virus ini dapat menularkan melalui udara virus ini bahkan bisa bertahan di udara selama 8 jam. dan virus ini juga bisa menularkan hanya dengan kontak mata saja oleh karena itu banyak tim medis yang menangani pasien yang positif terkena virus harus memakai pelindung mata.

Bagaimana caranya agar kita terhindar dari virus ini?

1. Menggunakan Masker
Masker dipercaya bisa menyaring sampai 95% partikel yang ada diudara dan dikarenakan ukuran partikel virus corona yang relatif lebih besar. masker dapat menghadang masuknya virus kedalam mulut kita.

2. Sering Cuci Tangan
Ya dengan sering mencuci tangan menurut badan kesehatan dunia WHO dapat menghilangkan virus ini dari tangan kita. ol…

3 Cara Hidup Sehat

Banyak orang pasti ingin selalu sehat bukan? tapi banyak orang sering kali meremehkan tetang pentingnya menjaga kesehatan tubuh. mungkin karena kesibukannya bekerja atau hal lainnya. memang banyak orang dewasa ini karena sibuk di dunia yang modern ini jadi susah menjaga kesehatan tubuh. Admin mau kasih tau bagaimana sih cara agar kita bisa hidup sehat setiap harinya


1. Olahraga Secara Teratur
Hal yang penting yang pertama adalah dengan rajin olahraga secara teratur. salah satu olahraga ringan yang dapat dilakukan semua orang adalah dengan lari pagi. memang terdengar sepele. Tapi dengan ber olahraga setiap hari tubuh kita membakar lemak dan menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh kita dan dapat meningkatkan imun tubuh agar tubuh fit dan tidak mudah sakit.


2. Pola Makan Sehat
Banyak orang jaman sekarang suka makan dengan pola yang tidak sehat seperti misalnya sering mengkonsumi junk food/makanan cepat saji dan suka terlambat makan. Jika ini dilakukan terus menerus bisa merusak tubuh …

Manfaat Jahe bagi tubuh

Pasti banyak orang yang tau tentang jahe kan. nama ilmiahnya zingiber officinale. jahe sering digunakan banyak untuk menjadi bumbu masakan tau minuman. selain itu rempah-rempahan ini juga sering di jadikan sebagai bahan obat tradisional. misalnya dengan merebus jahe dengan air dan menambahkan madu bisa untuk menyergarkan tengorokan dan menyehatkan tubuh. selain itu dengan mengkonsumsi jahe secara teratur bisa meningkatkan imun tubuh dan metabolisme.